Header Ads

Breaking News
recent

Meramal Implementasi 5G di Masa Depan

Meramal Implementasi 5G di Masa Depan

Meramal Implementasi 5G di Masa Depan - Perkembangan jaringan mobile saat ini mulai memasuki era 5G. Berbeda dengan jaringan 4G, generasi baru ini diklaim bisa mencatat kecepatan hingga 10 kali lebih cepat dari 4G dan latensi yang semakin rendah.

Dua hal ini menjadi salah satu alasan yang membuat pemanfaatan 5G menjadi lebih luas. Tak hanya itu, jika pemanfaatan 4G ada untuk mendorong adopsi ponsel dan akses internet, potensi implementasi 5G justru lebih spesifik dan luas.


Salah satu diantaranya yang menjadi fokus 5G adalah industri 4.0 berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/ AI) dan robotik. President Qualcomm Incorporated Christiano Amori mengungkapkan kemampuan 5G akan membuat pengembangan teknologi segalanya. 


"Kemampuan mobile akan berkembang jauh lebih luas. Jika sebelumnya pengembangan ini baru rencana. Sekarang semuanya telah di depan mata. Transformasi 5G akan membawa banyak solusi dengan teknologi," ujarnya dalam gelaran Mobile World Congress 2019 di Barcelona, Spanyol.

Amori menambahkan penyebaran teknologi 5G pun akan terjadi jauh lebih cepat dari 4G. Dia mengungkapkan berbagai pemanfaatan yang signifikan akan terjadi di seluruh dunia dengan 5G. 
Salah satunya untuk pemanfaatan gadget lebih maksimal.

"Memasuki era 5G kita akan melihat banyak gadget yang 'luar biasa'. Penggunaan ponsel pintar akan meluas menjadi 'tidak hanya sekadar smartphone'. Tapi lebih dari itu. Salah satunya yang  baru diumumkan Samsung beberapa hari lalu, ponsel layar lipat," ungkapnya.

Ponsel layar lipat yang diluncurkan Samsung sendiri memungkinkan pengguna menggunakan tiga tab dalam waktu yang bersamaan. 

Amori mengungkap dari Qualcomm sendiri telah meluncurkan cipset terbaru untuk 5G yakni Snapdragon 855. Kemampuan cipset ini akan memiliki dukungan Qualcomm Artificial Intelligence (AI) Engine.

Dengan begitu, nantinya perangkat mobile bisa memaksimalkan penyebaran fitur yang mendukung perangkat AI yang mulus dan menarik di perangkat Android.

Sepanjang gelaran MWC 2019, berbagai contoh implementasi 5G telah dihadirkan mulai dari Extended Reality, robotik hingga mobil otomasi. Sebagian dari demo yang ditampilkan telah siap untuk dibuat masif sambil menunggu ekosistem 5G perlahan untuk siap.

Mobil otonom akan menjadi salah satu yang paling dicari dalam era 5G. Pasalnya, saat ini implementasi mobil otonom masih belum berjalan sempurna dengan teknologi 4G. 

Teknologi mobil otonom membutuhkan latensi yang rendah sehingga era 5G dinilai menjadi solusi mobil otonom. 

Industri 4.0 pun dinilai akan menjadi 'sempurna' dengan 5G. Pasalnya, berdasarkan percobaan penggunaan robotik dalam pabrik akan meningkatkan produktifitas dan menurunkan kesalahan dalam produksi.

"5G akan menjadi masa depan dan saat ini transformasi koneksi 5G menjadi yang utama," tutup Amori.

Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian

Thanks for reading & have a nice day

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.